Screen Shot 2013-03-03 at 8.32.10 PM

Jujur

Jujur ! adalah suatu kata yang kita pelajari dan dengar dari bayi. Selalu ada kata statement kamu harus jujur dalam hidup ini, walau akhirnya banyak yg tidak jujur dalam hidupnya.

Jujur selalu identik tindakan kita terhadap orang lain. Tapi cangkupan jujur itu sendiri ada 3:

1. Jujur dengan orang lain

2. jujur dengan diri sendiri

3. jujur dengan Tuhan

Ternyata apa yang saya pelajari, kalau kita mau jujur terhadap orang lain. Kita harus jujur terlebih dahulu dengan diri sendiri.

Jujur dengan diri sendiri lebih susah ketimbang dengan orang lain. Jujur dengan diri sendiri artinya melihat diri kita apa adanya dan terbuka.

Jujur dengan diri sendiri artinya mengenal diri sendiri apa adanya dan tidak memakai topeng dengan orang lain. Kita harus menerima diri kita apa adanya dan bersyukur atas hal tersebut.

Menerima diri apa adanya bukan artinya pasrah dengan kejelekan, menerima diri apa adanya artinya mengenal kelemahan dan memperbaikinya.

Jujur dengan diri sendiri akan membuat kita terbang, kita hidup bukan dengan apa yang kita miliki, kita hidup bukan karena menunggu pujian dari orang lain atau apa kata orang lain tentang diri kita.

Jujur dengan Tuhan adalah hal ke 2 yg sulit, dengan diri kita sendiri saja kita tidak menerima diri kita apa adanya. Tentu saja kita tidak jujur ke Tuhan.

Kita beranggapan Tuhan hanya mencari orang yg suci, dan hanya orang suci sajalah yang boleh berbicara dan berdoa padaNya.

Mungkin mindset kita harus berubah, kita harus berani datang dalam kekotoran dan kenajisan kita kepada Tuhan dan minta Dia mengampuni.

Jujur kepada Tuhan artinya membicarakan semua kemauan kita didalam doa kepada Tuhan, walaupun itu penuh dg permintaan duniawi.

Tapi itulah jujur… jujur membuat kita merdeka….

Leave a Reply