Screen Shot 2012-11-25 at 6.24.28 PM

Berpikir dan merenung

Berpikir dan merenung adalah tindakan yang wajib dilakukan dalam hidup seorang manusia. Terlepas dari apapun tipe kepribadian, terlepas dari pria atau wanita, kecil atau besar, terlepas pekerjaan apapun.

Kedua tindakan diatas adalah suatu tindakan yang wajib dilakukan.
Berpikir adalah waktu yang kita berikan, untuk menentukan tindakan kita kedepannya, menentukan rencana kita kedepannya, menentukan apa yang harus kita lakukan, memikir konsekuensi setiap tindakan kita, memikirkan apa yang harus dilakukan untuk pribadi kita, untuk orang lain, untuk sekitar kita.
Semangat yang mengebu, impian takkan pernah tercapai, tanpa tindakan berpikir dilakukan.
Merenung adalah waktu yang kita berikan, untuk mengevaluasi tindakan hasil dari berpikir yang kita lakukan, berhenti dari aktifitas dan mereview apa yang telah kita lakukan. Merenung adalah waktu untuk STOP, tenang dan melihat dari kacamata ketenangan dan berpikir luas. Merenung membuat kita jujur pada kita pribadi dan kepada Tuhan.

Zaman yang sudah berkembang, telah membuat manusia berhenti atau mengurangkan waktu untuk ke 2 tindakan diatas. Dengan gadget yang super canggih, selalu membuat kita beraktifitas, sehingga tidak ada tempat untuk berpikir panjang dan merenung. Semua hiburan membuat kita memberikan waktu yang sedikit untuk ke 2 tindakan diatas.

Padahal pribadi kita butuh berkembang untuk menentukan sikap,menentukan pandangan hidup kita dan kemana kita jalan. Keluarga kita, membutuhkan pemikiran, kemana keluarga kita dibawa, bagaimana mendidik dan mengatur anak atau pasangan hidup kita. Pekerjaan kita membutuhkan strategi, pengembangan karier, untuk melawan era kompetisi yang ketat atau kita tertinggal.
Kita mungkin saja gagal atau sedang proses gagal, apabila ke 2 tindakan diatas berhenti. Tidak ada kata terlambat, merenung kembali, STOP semua tindakan.. dan berpikir kembali.
Tidak ada pemimpin tanpa tindakan berpikir dan merenung, tidak ada jendral perang tanpa tindakan berpikir dan merenung. Seorang pemimpin hebat, adalah seorang pemikir dan perenung yang sejati.

Berpikir dan merenung artinya tinggal sendiri, BENGONG tanpa orang lain. Kehidupan malam tanpa orang lain, hanya air yang bergemiricik, nyamuk yang berseliweran, kertas dan pena ditangan atau galaxy note ditangan. Adalah langkah untuk mengubah perjalanan hidup kita.

Leave a Reply