Screen Shot 2012-11-14 at 6.53.00 AM

Belajar dari kelas 1 SD (lagi)

Hari selasa minggu lalu saya mengambil waktu utk mengikuti acara parent meeting di sekolah anak saya. Topiknya “parent as leaner”

Saya menyekolahkan anak saya dengan kurikulum “International Baccalaureate (IB)”

Latar belakangnya, kenapa IB? Saya  bosen dengan segala sesuatu yang  monoton, saya  suka explorisasi, sangat senang apabila menemukan guru yg menjadi partnert diskusi.Yang  berdebat tentang sesuatu dengan tujuan positivve, daripada hanya menerima atau yes yes saja.

Saya datang dan meluangkan waktu untuk mendengar kurikulum mereka. Datang hanya karena memuaskan rasa ingin tahu saya…dan menjadi bahan utk hidup. Saya sekolah dengan  old style (catat buku sampe abis) .. Jadi saya mau belajar lagi dan sekarang belajar dari anak grade 1.

Memang tidak bisa dijelaskan panjang dan lebar tentang IB itu sendiri, tapi hari itu ada 1 statement dari principal school. Kurang lebih terjemahannya seperti ini.

“Kita mau anak kita maju semua, mereka berkembang..ingin mereka sukses atau banyak uang, tapi itu semua baik. Tapi yang kita mau adalah, anak kita mencapai tujuan hidup mereka dan mereka mencapai apa yang mereka cari”

Kurang lebih, uang bukan lagi tujuan akhir … tapi kepuasaan untuk mencapai dan mengenal tujuan hidup adalah tujuan.

Leave a Reply